Pelayaran dan perikanan bersama nelayan

Jumat, 28 Juli 2017

Alat tangkap Cantrang Modern

Alat tangkap Cantrang Modern - Hallo sahabat Sinelayan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Alat tangkap Cantrang Modern, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alat penangkapan ikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Alat tangkap Cantrang Modern
link : Alat tangkap Cantrang Modern

Baca juga


Alat tangkap Cantrang Modern

Alat tangkap Cantrang 

Alat tangkap Cantrang Modern- Jenis alat tangkap ang saat ini menjdai polemik. Dimana cantrang selama ini dikenal sebagai alat tangkap favorit bagi nelyan khususnya nelayan pantura. Alat tangkap cantrang termasuk dalam klasifikasi alat tangkap ikan pukat tarik.

Keberadaan pukat tarik saat inifilarang dengan adanya Permen 02 tahun 2015. Selain pukat tarik ang diaturbdalam pemen tersebut juga ada pukat hela.

Untuk definisi alat tangkap cantrang termasuk dalam golongan danish seine dan bentuk dari alat tangkap cantrang menyerupai alat tangkap payang. Tetapi ukurannya lebih kecil dari ukuran payang.

Hasil tangkapn dari alat tangkap cantrang adalah ikan ikan dasar atau ikan demersal. Dan kebanyakan ikan demersal mempunyai nilai ekonis yang tinggi.

Untuk pengertian danish siene sendiri adalah golongan alat penangkap ikan yang cara operasinya menarik jaring tanpa menggunakan papan pembuka ( other board ). Berbeda dengan alat tangkap trawl yang mempunyai other board yang berfungi untuk membuka mulut jaring. 

Bagian Bagian dari alat tangkap cantrang antara lain :

- Kantong Jaring ( Cod end )

 Bagian ini mempunyai fungsi sebagai tempat berkumpulnya hasil tangkapan dimana di ujung kantong terdapat tali pengikat yang di lepas setelah jaring di angkat ke atas kapal.

Untuk bahan dari kantong jaring cantrang adalah polyethylene dena ukuran mata jaring antara 1 inchi.

- Badan Jaring

Bagian dari jaring cantrang yang mempunyai ukuran paling besar.  Badan jaring mempunyai fungsi menghubungkan antara bagian kantong ( Cod end ) dengan Sayap jaring. 

Badan jaring cantang juga berfungsi untuk mengupulkan ikan sebelum masuk kedalam kantong.

Untuk ukuran dari badan jaring cantrang di kisaran 2 - 3 inchi dan terbuat dari bahan polyethelene.

- Sayap Jaring Cantrang

Fungsi sayap jaring adalah untuk menghadang ikan agar memasuki badan jaring yang pada akhirnya akan berkumpul di kantong. Sayap jaring adalah bagian cantrang yang merupakan sambungan badan jaring sampai tali penarik atau tali selambar.

- tali selambar

Bagian ini mempunyai fungsi menarik jaring. Dalam penarikan biasanya alat tangkap cantrang di bantu dengan mesin penarik berupa gardan. Panjang dari tali selambar bisa mencapai 100 meter.

Itulah sedikit artikel tentang Alat Tangkap Cantrang Cantrang. Semoga  bisa bermanfaat memberi gambaan tentang polemik cantrang

Alat Tangkap Cantrang Modern






Alat tangkap Cantrang Modern Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kartono

0 komentar:

Posting Komentar